Monday, May 10, 2010

Kerajinan Ukiran Kayu Bali

Masih tentang kerajinan Bali. Kali ini yang menjadi bahasan adalah tentang kerajinan ukiran kayunya yang nampaknya menjadi tren dan disukai banyak kalangan, terlihat dari ramainya pengunjung yang mengunjungi stan ini pada pameran INA Craft akhir April lalu.

Dalam pengerjaannya seperti pada kerajinan lain pada umumnya ada proses-proses yang harus dilalui. Mulai dari pemilihan kayu, lalu kemudian diukir sesuai dengan design yang diinginkan, diamplas, dicat sesuai pilihan warna dan terakhir dikeringkan supaya cat sungguh-sungguh melekat. Oya, kayu yang dipilih biasanya jenis kayu yang lunak sehingga mudah untuk diukir.



Foto oleh Vibizlife/Lonny Tjioe
Hasilnya seperti yang dapat kita lihat pada foto.. Sangat unik dan menarik! Bisa kita jadikan sebagai hiasan di kamar yang juga sekaligus berguna sebagai cermin, penunjuk waktu ataupun dapat kita gunakan sebagai souvenir acara ulang tahun dan pernikahan. Walau untuk yang satu ini kita harus mengeluarkan uang cukup banyak sebab jika dibutuhkan dalam jumlah banyak maka akumulasi harga per-buah akan menjadi besar pula. Hal ini dikarenakan kerajinan seperti ini memiliki harga yang lebih tinggi ketimbang souvenir-souvenir biasa lainnya.



Foto oleh Vibizlife/Lonny Tjioe
Tapi masih ada solusi lain yaitu kalau kita membelinya langsung pada produsen yang berada di Bali pastilah harganya menjadi lebih ekonomis. Kita bisa mengetahui informasi detailnya melalui internet dengan mencoba membuka website kerajinan-kerajinan kayu yang berasal dari Bali.

Kerajinan Unik Kayu

No comments:

Post a Comment

Post a Comment